Berita

Spotify Hapus Ratusan Lagu Kpop dari Kakao M

Senin, 01 Maret 2021 - 17:11
Spotify Hapus Ratusan Lagu Kpop dari Kakao M ILUSTRASI - Kakao M. (FOTO: Representational Image/Unsplash)

TIMES NUNUKAN, JAKARTASpotify menghapus ratusan lagu Kpop (lagu dari musisi asal Korea Selatan) yang didistribusikan oleh Kakao M

Platform streaming musik itu menghapusnya karena kesepakatan kontrak yang telah berakhir. Kerja sama dengan Kakao M sudah berlangsung lebih dari satu setengah tahun.

Juru bicara Spotify membenarkan jika lagu-lagu dari Kakao M tidak tersedia lagi bagi para pengguna di seluruh dunia mulai 1 Maret 2021.

Namun kedua perusahaan tersebut, Spotify dan Kakao M, masih mengupayakan kesepakatan baru. 

"Kami berharap gangguan ini hanya bersifat sementara dan kami bisa segera menyelesaikan situasi tersebut," kata juru bicara Spotify, dikutip dari NME, Senin (1/3/2021).

"Kami tetap berkomitmen untuk bekerja sama dengan para pemegang lisensi lokal, termasuk Kakao M, untuk membantu menumbuhkan pasar musik Korea dan ekosistem streaming secara keseluruhan bersama-sama," lanjutnya.

Selama ini, Kakao M mendistribusikan banyak musik dari agensi KPop terbesar. Dari lagu-lagu Kpop populer itu, 37,5 persennya masuk ke Top 400 Yearly Chart 2020 dari Gaon Music Chart.

Sebagai informasi, induk perusahaan Kakao M juga memiliki platform streaming lain yakni MelOn. Platform musik streaming ini populer di Korea Selatan. Pihak Spotify membantah rumor berkahirnya kontrak itu dikaitkan dengan kehadiran MelOn. (*)

Pewarta : Tria Adha
Editor : Ferry Agusta Satrio
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Nunukan just now

Welcome to TIMES Nunukan

TIMES Nunukan is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.