Berita

Israel Akan Lakukan Vaksiniasi Covid-19 Warga Palestina di Tepi Barat

Senin, 01 Maret 2021 - 15:18
Israel Akan Lakukan Vaksiniasi Covid-19 Warga Palestina di Tepi Barat Seorang karyawan Badan Bantuan dan Pekerjaan PBB untuk Pengungsi Palestina (UNRWA) menyiapkan suntikan vaksin Sputnik V Covid-19 untuk staf medis di klinik UNRWA al-Sheikh Redwan di Kota Gaza, pada 25 Februari 2021. (FOTO: France 24/AFP)

TIMES NUNUKAN, JAKARTA – Israel, Minggu (29/2/2021) mengonfirmasi akan melakukan vaksinasi Covid-19 untuk warga Palestina di Tepi Barat yang berizin bekerja di permukiman Yahudi di wilayah pendudukan dan di dalam Israel.

Otoritas Palestina seperti dilansir France 24 mengatakan pekan lalu, bahwa pihaknya juga telah mencapai kesepakatan dengan Israel dimana negara Yahudi itu akan memvaksinasi100.000 pekerja Palestina. 

Cabang militer Israel yang bertanggung jawab atas urusan sipil di wilayah Palestina, COGAT, mengatakan dalam sebuah pernyataan hari Minggu, bahwa vaksinasi juga telah disetujui oleh eselon politik.

Pernyataan itu menambahkan, Israel akan melakukan kampanye vaksinasi bagi pekerja Palestina dengan izin kerja di Israel dan di komunitas di seluruh Yudea dan Samaria, nama yang digunakan secara luas di Israel untuk Tepi Barat yang diduduki. 

COGAT menyatakan, vaksinasi akan dimulai dalam beberapa hari mendatang, dimana akan dilakukan di titik-titik persimpangan antara Israel dan Tepi Barat, serta di dalam permukiman.

Israel sebagai salah satu negara yang vaksinasi per kapitanya tertinggi ini, menghadapi seruan global untuk memastikan semua warga Palestina di Tepi Barat yang diduduki dan di Gaza yang diblokade Israel mendapatkan vaksinasi. 

Otoritas Palestina mengharapkan sekitar dua juta dosis yang dipesan dari berbagai produsen, selain dosis dari program Covax yang didukung PBB, yang disiapkan untuk membantu negara-negara yang kurang kaya untuk vaksinasi Covid-19. (*)

Pewarta : Widodo Irianto
Editor : Widodo Irianto
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Nunukan just now

Welcome to TIMES Nunukan

TIMES Nunukan is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.