Berita

Taksi Udara di Bandara Soekarno Hatta, Siap Antar Jemput dengan Helikopter

Senin, 01 Maret 2021 - 15:46
Taksi Udara di Bandara Soekarno Hatta, Siap Antar Jemput dengan Helikopter Ilustrasi. Taksi udara helikopter di Bandara Soekarno Hatta. (FOTO: Whitesky Aviation)

TIMES NUNUKAN, JAKARTATaksi udara siap mengantarkan penumpang dengan menggunakan helikopter dari Bandara Soekarno Hatta menuju lokasi di sekitar Jabodetabek yang telah ditentukan. 

Layanan taksi udara yang dinamai Helicity itu disediakan oleh PT Whitesky Aviation.

Menurut keterangan CEO PT Whitesky Aviation, Denon Berri Klinsky Prawiraamadja, layanan helikopter ini tidak hanya untuk kelas VIP tetapi bertarif terjangkau.

taksi udara 2Taksi Udara di Bandara Soekarno Hatta. (FOTO: Whitesky Aviation)

"Nantinya misi yang kita bisa layani di sini bukan hanya penerbangan heli untuk VIP, namun juga helicity yang bisa dianggap sebagai penerbangan bertarif terjangkau atau no frills flight," kata Denon dalam diskusi daring, Jumat (26/2/2021) lalu, dilansir dari Antara pada Senin (1/3/2021).

Ia menjelaskan, penerbangan VIP dilayani oleh helikopter bermesin ganda. Dan akan ada pula layanan penerbangan helicity dengan harga terjangkau.

Untuk layanan helicity bisa mengangkut 3 sampai 4 penumpang. Sedangkan layanan VIP, helikopter bisa mengangkut 4 hingga 8 penumpang.

Mengenai pangsa pasar dari taksi terbang ini, pihak PT Whitesky Aviation menargetkan para penumpang dari berbagai daerah dan negara yang berangkat dan tiba di Bandara Soekarno Hatta.

Jadi, kata Denon, tujuan dari heliport ini adalah mengakses masyarakat yang ingin menuju atau dari bandara ke tengah kota dengan menggunakan connecting flight helicopter.

Mengenai lokasi landasan helikopter (heliport), layanan taksi udara ini berada di kawasan Bandara Soekarno Hatta, tepatnya di sisi selatan. Heliport memiliki luas sekitar 3 hektar dengan tujuh parking area, dan berkapasitas 40 helikopter. 

Adapun layanan taksi udara ini siap mengantar penumpang dari Bandara Soekarno Hatta menuju 72 titik yang tersebar di Jabodetabek, di antaranya Kota Bekasi, Kota Depok, Kota Tangerang, DKI Jakarta, Puncak Bogor, Sentul, dan Serpong. Begitu pun sebaliknya. 

Perihal tarif taksi udara, dikutip dari CNBC Indonesia, berkisar antara Rp 8 juta hingga Rp 20 juta. "Tapi kalau charter flight ya di atas Rp 20 jutaan," ujar Denon.

Layanan taksi terbang ini bisa dipesan melalui aplikasi smartphone 'Helicity'. Aplikasi ini bisa diunduh di ponsel andorid maupaun iOs.

Sementara itu, menurut Direktur Utama PT Angkasa Pura II, Muhammad Awaluddin, taksi udara ini merupakan upaya meningkatkan pelayanan kepada penumpang terutama yang memiliki jadwal padat. 

Ia berharap pelayanan taksi udara tersebut tidak hanya dibuka di Bandara Soekarno Hatta tapi juga di bandara lainnya di Indonesia. (*)

Pewarta : Tria Adha
Editor : Ferry Agusta Satrio
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Nunukan just now

Welcome to TIMES Nunukan

TIMES Nunukan is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.